Kamis, Desember 09, 2010

Peringatan Hari ANTI Korupsi Dunia

Hari ini, tanggal 9 Desember, seluruh dunia lagi memperingati Hari Anti-Korupsi Internasional. Tahun ini, International Anti-Corruption Day mengusung tema “Jangan Biarkan Korupsi Mematikan Pembangunan”. Jadi nih faktanya adalah saat dana publik diambil untuk keuntungan pribadi maka hilanglah sumber untuk membangun. Dan saat bantuan dialihkan ke rekening pribadi maka proyek akan terhenti, yang udah pasti efeknya bukan cuma buruk banget, tapi juga berkepanjangan! Itu salah satu alasan kenapa Sekjen PBB yaitu Ban Ki-moon menghimbau orang-orang di seluruh dunia untuk benar-benar stop dalam memberi dan menerima segala bentuk suap korupsi.

Beliau juga nyaranin orang-orang supaya gabung dalam kampanye Anti-Korupsi PBB di website www.yournocounts.org. Nah, sebagai youth generations yang nentuin masa depan bangsa Indonesia, yuk kita mulai dari sekarang untuk jadi generasi yang anti-korupsi. Let’s save our country from now on!
Marilah teman-teman kita mencoba dulu mempelajari, apa sih korupsi itu ?
Kata “Korupsi” berasal dari bahasa latin “Corruptio”
“Korupsi”. Arti harfiah dari kata itu ialah : kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidak jujuran, dapat disuap tidak bermoral penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah. Meskipun kata Corruptio itu luas sekali artinya namun sering “Corruptio” dapat dipersamakan artinya dengan “penyuapan”. Kemudian arti kata korupsi yang telah diterima dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia disimpulkan oleh Poerwadarminta dalam “Kamus Umum Bahasa Indonesia” : Korupsi ialah perbuatan yang buruk seperti pengertian penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya (Poerwadarminta : 1976).
Nah sebenarnya di sekolah kita ini akan dibuatkan Kantin kejujuran, artinya kantin tersebut tidak perlu petugas penjual, siswa membeli, mengambil sendiri, dan kembalian uang juga mengambil sendiri. nach dari sini bisa dipetik nilai kejujuran, bila tidak jujur, maka bisa saja teman-teman tidak membayar, atau melebihkan kembalian.
Ulangan harian, bapak ibu guru tidak usah menjaga dan para siswa dengan jujurnya tidak menyontek, bertanya keteman dan seterusnya. Dan masih banyak yang bisa dilakukan siswa dalam rangka menanamkan sifat ANTI KORUPSI....

0 komentar: